Saturday, June 22, 2019

5 Kiat Sukses Menjadi Travel Blogger Sukses

Kamu mungkin tak pernah menyangka kalau berwisata keliling dunia bisa menghasilkan uang. Ya, profesi menjadi seorang travel blogger kini memang menjadi salah satu pekerjaan impian, terlebih untuk generasi milenial yang memang lebih senang mengeluarkan uang untuk traveling. Meski profesi ini terlihat sangat mengasyikkan dan menguntungkan, nyatanya menjalani profesi sebagai travel blogger bukanlah hal yang mudah, loh. Sebelum memulainya, sebaiknya perbanyak dulu pengalaman liburan kamu. Nah, cari tiket pesawatnya, bisa cek disini.

Tips Menjadi Travel Blogger Sukses

1. Menulis blog dengan tepat
Untuk menjadi seorang travel blogger sukses, kamu harus menguasai kemampuan menulis blog terlebih dahulu. Semua orang memang bisa menulis cerita perjalanannya, tapi tak semua orang mampu menulis dengan rangkaian kalimat yang enak dibaca dan bikin orang jadi tertarik untuk berlibur. Maka dari itu, jangan hanya menulis blog semata-mata karena ingin mendapat sponsor wisata gratis karena kamu harus menulis dengan menyertakan visi misi yang jelas.

Seorang travel blogger harus mampu mengemas konten sekaligus membangun reputasi yang kredibel melalui sebuah tulisan perjalanan. Sebisa mungkin, buat ulasan yang berbobot, menginspirasi, dan bisa membantu orang lain untuk mendapat pengalaman yang sama serunya dengan kamu sehingga pembaca setiamu bisa mengikuti setiap perjalananmu.

Yang tak kalah penting, tulis juga tips berwisata ala kamu pribadi. Jangan lupa, cantumkan harga, jam buka, dan akses menuju tempat tersebut. Jadi, cobalah untuk latihan menulis blog terlebih dahulu sebelum mulai mendalami profesi ini.

2. Buat ciri khasmu sendiri
Saat ini, ada begitu banyak travel blogger ternama di Indonesia. Hampir keseluruhannya punya ciri khas masing-masing. Baik itu dari cara memotretnya atau dari gaya tulisannya yang menarik. Nah, supaya mudah dikenali dan mampu bersaing dengan travel blogger yang sudah lebih dulu terkenal, kamu bisa membuat ciri khasmu sendiri. Yap, buatlah blog dengan gaya kamu. Hal ini penting supaya kamu punya personal branding yang akan membuat orang mengingat kamu.

3. Sajikan foto dan video yang berkualitas
Selain tulisan yang harus berbobot, foto dan video yang akan disajikan pun harus berkualitas. Kalau bisa, gunakan kamera untuk mengabadikan setiap momen perjalananmu. Hal ini karena hasil foto kamera jauh lebih bagus dan jernih dibandingkan dengan hasil foto dari kamera smartphone.

Kalau memang belum punya kamera, kamu bisa mengandalkan aplikasi edit foto seperti photoshop agar semua hasil jepretanmu bisa terlihat lebih apik. Namun perlu diingat, jangan mengedit foto atau video dengan efek yang berlebihan sebab hasil foto yang natural lebih banyak disukai ketimbang foto yang diedit berkali-kali.

4. Konsisten untuk update blog
Membangun blog sama saja dengan membangun sebuah bisnis. Apabila blog yang kamu buat dibaca dan diikuti oleh banyak orang, tak menutup kemungkinan kalau blog milikmu akan terkenal dan kamu akan dihujani oleh banyak tawaran kerja sama dengan brand tertentu. Tentunya siapa pun menginginkan hal ini. Oleh sebab itu, tetaplah konsisten untuk selalu meng-update blog milikmu. Semakin banyak konten yang kamu buat, semakin besar kemungkinan akun blog kamu akan dilihat orang.

5. Bangun jaringan yang kuat
Menulis kisah perjalanan di blog memang membutuhkan banyak waktu dan usaha. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan. Justru sebaliknya, kamu harus menjadikannya sebagai motivasi untuk menjadi travel blogger yang sukses. Kamu harus fokus terhadap kualitas konten dan mulai Bangun jaringan yang kuat, misalnya melalui mailing list atau media sosial daripada mencoba menghasilkan uang dengan cepat dari beberapa link yang mengganggu.

Bagaimana, sudah siap merintis karier sebagai travel blogger?

No comments:

Post a Comment