Wednesday, August 28, 2019

Sejarah Suzuki Karimun Wagon R

Nama Karimun WagonR ini sendiri diambil sebagai refleksi reputasi keberhasilan Suzuki Karimun dan WagonR selama ini. Terlihat sejak produk Karimun berhasil menyentak pasar otomotif Indonesia di kelas city car dan juga penjualan produk WagonR di mancanegara khususnya di negara asal mobil ini berkembang, Jepang. Sejak awal diluncurkan tanggal 9 September 1999 silam, keberadaannya selama 8 tahun hingga 206, Karimun mampu memimpin pasar di kelasnya. Dilanjutkan dengan pengembangan dan dipasarkannya Karimun Estilo (4 silinder) mulai tahun 2007 hingga 2009 untuk meneruskan kesuksesan Karimun generasi sebelumnya. Tahun 2010-2012 dipasarkanlah Karimun New Estilo (3 silinder) sebagai generasi baru Karimun.

Suzuki Karimun Wagon R

Selain itu, nama WagonR digunakan karena Karimun WagonR merupakan unit yang mengadopsi desain Suzuki WagonR yang sukses di Jepang dengan kabin yang lega, efisiensi konsumsi bahan bakar, ke-mutifungsi-an dan Harga Suzuki Karimun yang terjangkau. Dalam namanya sendiri, huruf 'R' diartikan sebagai Recreation atau dalam bahasa Indonesia berarti rekreasi.

Sejak diluncurkan pada tahun 1999 hingga 203 total penjualan produk seri Karimun telah mencapai angka sebesar 48.619 unit dan menjadi bukti konkret Karimun dapat diterima di pasar Indonesia dengan baik dan membawa brand image Suzuki semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan produk WagonR, telah diluncurkan pada tahun 1993 silam di Jepang, telah diterima dan diakui oleh Jepang atas keunggulan fiturnya yang cukup gemilang dengan penjualan WagonR di Jepang sendiri dalam kurun waktu 20 tahun (1993-2013) berhasil mencapai 4 juta unit dan pada penjualan secara global (termasuk di dalamnya Eropa, India, dan Cina) hingga saat ini total akumulasinya telah menembus angka 6,4 juta unit.

Karimun WagonR tak hanya menjadi mobil murah yang ramah lingkungan saja, namun mobil ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan komoditi kendaraan bermotor empat. Menggabungkan konsep multi guna dan nyaman, membuat kemudahan sekaligus kenyamanan perjalanan sehari-hari masyarakat modern Indonesia. Dipadukan dengan empat konsep pengembangan meliputi: "Interior yang luas, dan terbuka", "Kegunaannya yang banyak dan praktis membuat para penumpang dapat merasakan pengalaman berkendara yang nyaman dan juga mengangkut banyak barang", "Bahan bakar yang efisien", dan yang terakhir "Harga yang terjangkau yang memungkinkan banyak orang merasakan pengalaman berkendara tersebut".

Mobil kompak ini mengusung fitur-fitur andalan yang memiliki unsur 'SUPER' —Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable— membuatnya berbeda dengan mobil pada umumnya dan menjadi daya tarik utamanya. Banyak keunggulan diberikan pihak Suzuki Indonesia dalam meningkatkan minat beli konsumen. Endro Nugroho selaku 4W Sales Director PT. SIS, menjelaskan bahwa pada November 2013 saja Karimun WagonR sudah terpesan sebanyak 1.800 unit. Terhitung pada 25 Maret 2014 silam, jumlah inden meningkat hingga 5.800 unit. Ini semua merupakan bukti konkret bahwa Suzuki WagonR masih diterima positif oleh masyarakat Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales, misalnya. Melalui ajang otomotif akbar "The 21th Indonesia International Motor Show (IIMS)" pada acara bertajuk "Introduction of Suzuki LCGC Karimun Wagon R" di booth Suzuki pada tanggal 19 September 2013 lalu, meperkenalkan kepada publik varian mobil LGCG bernama Karimun WagonR. Mobil ini resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada tanggal 11 November 2013 dan serentak dilakukan peluncuran nasional di kota-kota wilayah Indonesia dengan diadakannya pameran bertajuk "Karimun WagonR Super Show". Acara peluncuran secara nasional pun disiarkan di stasiun televisi, TRANS TV secara langsung/live dilaksanakan pada tanggal 10 November 2013.

No comments:

Post a Comment