Monday, September 30, 2019

Hindari Hal Ini saat Terapkan Cara Membersihkan Sepatu yang Benar

Membersihkan sepatu ini sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat menerapkan cara membersihkan sepatu yang benar. Tak masalah apakah itu sepatu olahraga atau sepatu sneaker. Agar sepatu Anda tak rusak setelah dibersihkan, ada baiknya Anda menghindari beberapa kesalahan berikut ini!

Cara Membersihkan Sepatu Adidas

1. Menggunakan Sikat Pakaian Ketika Mencuci
Anda memang harus menyikat permukaan sepatu kalau mau sepatunya bersih dari berbagai bentuk noda. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan segala jenis sikat untuk membersihkannya. Kesalahan yang banyak dilakukan orang ketika membersihkan sepatu adalah menggunakan sikat untuk mencuci pakaian.

Padahal, sikat pakaian pada umumnya memiliki bulu sikat yang kasar. Jika Anda menggunakannya pada sepatu, hal ini bisa berakibat permukaan sepatu rusak dan warnanya juga lekas pudar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas sebagai sikat untuk sepatu. Sebab, bulu sikat gigi cenderung lebih halus dan aman untuk sepatu.

2. Tidak Melepaskan Tali Sepatu
Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam penerapan cara membersihkan sepatu adalah Anda lupa melepaskan tali sepatu ketika mencucinya. Sekali lagi, ini tak boleh dilakukan. Hindari kebiasaan ini karena akan membuat sepatu Anda tak bersih menyeluruh. Anda harus tahu, salah satu bagian terkotor dari sepatu adalah di bagian bawah tali sepatu Anda.

Jadi, jika Anda mencuci sepatu tanpa melepaskan tali sepatunya, Anda tak akan bisa menggapai noda yang ada di bagian lidah sepatu. Selain kurang bersih, mencuci tanpa melepas tali sepatu juga akan membuat serat tali cepat rusak dan rapuh. Kalau sudah begini, tali sepatu Anda jelas tak akan bisa bertahan  lama.

3. Mencuci dengan Deterjen
Apalagi kesalahan yang umum dilakukan dalam penerapan cara membersihkan sepatu? Apa Anda pernah mencucinya dengan menggunakan deterjen? Kalau iya, inilah kesalahan yang dimaksud! Sebaiknya, hindarilah membersihkan sepatu dengan deterjen pakaian. Sebab, deterjen biasanya mengandung bahan kimia yang cukup keras.

Hal ini tentunya tak baik untuk keberlangsungan bahan sepatu Anda terlebih bila sepatu tersebut terbuat dari bahan kanvas. Kalau Anda tetap melakukannya, sepatu Anda akan mudah kering. Selain itu, sol karet yang dimilikinya juga mudah rusak dan masih banyak lagi kerusakan yang bisa diakibatkannya.

Misalnya saja, penggunaan deterjen ini bisa membuat sepatu Anda cepat melar. Sol sepatu juga tak bisa sarekat sebelumnya karena ukuran sepatu Anda juga turut berubah. Tentunya, Anda tak mau seperti ini, kan?

4. Mencuci Menggunakan Mesin Cuci
Sebenarnya, tak ada larangan untuk mencuci sepatu menggunakan mesin cuci. Namun, kalau Anda melakukan hal ini, bersiaplah, sepatu Anda tak akan awet. Kenapa? Penggunaan mesin cuci sebagai cara membersihkan sepatu berpotensi merusak bahan sepatu Anda. Apalagi bila Anda menggunakan putaran yang terlalu kencang.

Bahan sepatu Anda akan mudah sekali rusak. Selain itu, sebenarnya Anda juga tak disarankan untuk merendam sepatu terlalu lama di dalam air sabun karena itu juga bisa merusak bahannya. Cucilah secara manual menggunakan tangan. Cara ini adalah cara terbaik agar sepatu Anda bisa tahan lebih lama.

Kalau pun Anda mau membersihkan sepatu dengan mesin cuci, caranya juga harus tepat. Anda harus melepaskan tali sepatu lebih dulu lalu masukkan talinya ke dalam kantung kain kecil. Setelah itu, masukkan sepatu ke dalam kantung kain yang besar atau bisa juga menggunakan sarung bantal.

Setelah itu, barulah masukkan ke dalam mesin cuci. Tambahkan air dan deterjen khusus yang lembut dan putarlah mesin cucinya. Jangan terlalu lama. Setelah itu, Anda bisa mengangkatnya dan jemur dengan menambahkan koran bekas untuk mencegah sepatu melar.

Oh ya, Anda harus tahu, mencuci sepatu dengan mesin cuci sebenarnya tak bertujuan untuk membuat sepatu jadi lebih bersih. Tujuan utama dari cara ini sebenarnya untuk menghilangkan bau dari sepatu saja.

Nah, itulah berbagai kesalahan yang sebaiknya Anda hindari ketika menerapkan cara membersihkan sepatu yang benar. Anda pasti pernah melakukan satu atau bahkan semua kesalahan tersebut, kan? Mulai sekarang, jangan lakukan lagi kalau Anda mau sepatu Anda lebih tahan lama dan tidak melar!

No comments:

Post a Comment