Friday, September 13, 2019

RS PMI Bogor: Berikut Syarat dan Manfaat Mendonorkan Darah

Darah merupakan bagian penting untuk kehidupan manusia. Seseorang bisa kekurangan darah atau disebut sebagai anemia karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi pucat. Jika terjadi kecelakaan dan pasien mengalami pendarahan yang cukup banyak maka darah darurat tentu dibutuhkan, darah yang diperoleh dari pendonor dari RS PMI Bogor akan membantu pasien dapat bertahan hidup. Setiap darah yang diberikan sudah di verifikasi tidak memiliki penyakit dan bersih sehingga dapat diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Namun belum banyak yang mengetahui syarat dan manfaat dalam mendonorkan darah.

RS PMI Bogor

Berikut adalah syarat untuk pendonor darah diantaranya:

Berusia 17 hingga 60 tahun, untuk umur 17 tahun setidaknya memiliki izin tertulis dari orangtua.
Pendonor darah harus memiliki berat badan setidaknya 45 Kg dan memiliki kondisi yang sehat secara jasmani dan rohani, suhu tubuh pendonor harus normal berkisar 36,6-37,5 derajat Celcius.
Memiliki tekanan darah yang berkisar 100-160 sistolik dan 70-100 diastolik, dengan denyut nadi sekitar 50-100 setiap menitnya, dan kadar hemoglobin setidaknya 12gr/dl bagi wanita dan 12,5gr/dl bagi pria.
Donor darah dapat dilakukan 5 kali dalam waktu setahun dengan jangka 3 bulan.
Jika masih berada dalam pengobatan dan mengonsumsi antibiotik maka sebaiknya menyelesaikan semua obatnya sebelum melakukan donor darah.
Jika baru menggunakan tato maka harus menunggu dalam satu tahun untuk dapat mendonorkan darah.
Jika sedang sakit seperti demam, resiko malaria, HIV, hepatitis maupun kelainan darah lainnya, epilepsi, ketergantungan dengan narkoba dan alkohol maka tidak dapat mendonorkan darah.

Sebelum melakukan donor darah maka sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berlemak karena akan berpengaruh pada kualitas darah. Sebaiknya mengonsumsi minum air putih yang cukup sehingga tubuh tidak dehidrasi dan memiliki jam tidur yang baik sebelum melakukan donor darah. Sebelum donor darah juga sebaiknya tidak memiliki aktifitas fisik yang terlalu intens dan mengonsumsi minuman beralkohol. Pendonor harus mengikuti setiap prosedur dalam mengevaluasi apakah layak menjadi pendonor. Setelah melakukan donor darah maka beristirahat dan mengonsumsi air putih. Selain itu, jangan melepas plester selama 6 jam dan tidak merokok serta tidak mengangkat barang berat.

Untuk menambah sel darah merah ketika selesai mendonorkan darah di RS PMI Bogor maka sebaiknya mengonsumsi makanan berikut:

Kismis dengan zat besi 1,6 milligram dalam takaran setengah gelas.
Pisang dapat mengoptimalisasi hemoglobin dalam tubuh manusia.
Buah naga dengan zat besi, vitamin C, B1, B2 yang menyembuhkan berbagai sakit penyakit dan membentuk sel darah merah.
Kacang hijau dengan kandungan zat besi serta nutrisi yang membentuk sel dan menghindari radikal bebas.

Selain itu dapat mengonsumsi daun singkong sebagai penyuplai vitamin B1 dan C, protein dan zat besi sehingga akan menambah darah. Mengonsumsi daging merah dapat dikonsumsi jika kekurangan darah merah karena kandungan zat besinya cukup tinggi dan protein sebagai pelengkap untuk kesehatan tubuh. Telur juga dapat dikonsumsi sebagai perangsang sel darah merah dengan mengonsumsi kuning telur dalam sehari.

Manfaat donor darah di RS PMI Bogor adalah mengurangi penyakit jantung karena akan meningkatkan zat besi di dalam darah. Pendonor dapat membakar kalori 650 saat memberikan darah sebanyak 450 ml sehingga dapat menurunkan berat badan tanpa harus diet makan jika dilakukan secara bertahap. Kadar zat besi dalam darah akan menangkal berbagai resiko penyakit seperti kanker hingga penuaan, serta dapat mendeteksi penyakit serius oleh pendonor.

No comments:

Post a Comment