Friday, October 18, 2019

Inilah Jenis-jenis Asuransi Jiwa Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu produk asuransi yang cukup banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini adalah asuransi jiwa. Asuransi yang satu ini memang sangat penting untuk dimiliki karena mampu memberikan perlindungan finansial jika si pemegang polis (tertanggung) mengalami suatu resiko atau musibah. Cukup mudah menemukan produk asuransi jiwa Indonesia saat ini, mengingat memang banyak diminati oleh masyarakat sebagai proteksi pada diri sendiri dan keluarga tercinta. Hampir seluruh perusahaan asuransi memiliki asuransi jiwa, tak terkecuali asuransi Astra.

Asuransi Jiwa Indonesia

Bagi yang sudah memiliki asuransi jiwa, tentu di awal pembelian akan ditawarkan dengan berbagai jenis, lengkap dengan berbagai manfaat berbeda. Sehingga sedikit banyak ada yang sudah paham dengan berbagai jenis asuransi jiwa ini. Namun bagi yang masih pemula dan belum mengetahui berbagai jenis asuransi jiwa Indonesia, berikut ini macam-macamnya:

1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance).
Sesuai namanya, asuransi jiwa ini memberikan proteksi kepada tertanggung untuk jangka waktu tertentu saja, bisa selama 4 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun. Biaya preminya tetap selama masa kontrak dan lebih murah dibandingkan dengan premi asuransi jiwa jenis lainnya. Asuransi jiwa berjangka sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan masa depan keluarga, terutama pendidikan anak. Selain itu, jenis asuransi jiwa ini juga tepat bagi Anda menginginkan proteksi yang besar akan asuransi namun terbatas pada keuangan. Kelebihan asuransi jiwa berjangka terletak pada fleksibilitas pemegang polis untuk menentukan besarnya premi yang sesuai kemampuan, serta uang pertanggungan yang besar.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance).
Asuransi jiwa yang satu ini akan memberikan proteksi seumur hidup, meskipun biasanya perusahaan asuransi akan membatasi manfaat perlindungan hingga umur 100 tahun saja. Asuransi ini tepat bagi Anda yang menginginkan manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, namun juga bisa sebagai tabungan jangka panjang. Kelebihan asuransi seumur hidup adalah pemegang polis akan mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan (tidak hangus), sehingga saat masa kontrak berakhir, uang pertanggungan akan dibayarkan seluruhnya.

3. Asuransi jiwa dwiguna (endownment insurance).
Asuransi jiwa yang satu ini memiliki dua manfaat yang akan didapatkan, yaitu asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Sehingga nantinya pemegang polis akan mendapatkan nilai tunai dari premi asuransi yang telah dibayarkan setelah masa kontrak berakhir atau sebelum masa kontrak berakhir sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang bersangkutan. Karena memiliki dua manfaat asuransi berjangka dengan asuransi jiwa seumur hidup, membuat besaran premi lebih tinggi.

4. Asuransi jiwa unit link.
Asuransi jiwa Indonesia yang satu ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Asuransi ini tepat bagi Anda yang ingin melakukan investasi sekaligus memastikan jiwa tetap mendapatkan manfaat perlindungan dari kematian. Kelebihan asuransi jiwa unit link adalah selain mendapatkan perlindungan jiwa, juga akan mendapatkan imbal hasil investasi berupa bunga yang tinggi tiap tahunnya. Namun kekurangannya adalah uang pertanggungan yang terbilang rendah, serta imbal balik dari investasi kurang signifikan.

No comments:

Post a Comment